Fiqih

Hukum Bermain Game Online Higgs Domino Island

...

al-Ibar.net – Dewasa ini, marak transaksi jual beli chip game online, entah dari Domino Island, Slot, Poker Online, dan lain sebagainya. Dari beberapa game berbasis online itu, ada game yang paling viral yaitu Domino Island. Game ini memiliki versi Mod High Domino Island modifikasi dari anak bangsa. Di dalamnya terdapat banyak mode game yang bisa dimainkan, seperti kertu remi, kartu gaple, ludo dan masih banyak game santai untuk dimainkan. Tak heran jika game ini digandrungi oleh masyarakat lintas usia.

 

Higgs Domino Island memberikan chip senilai 2M di setiap harinya untuk satu orang. Syaratnya cukup dengan login terlebih dahulu. Ada juga fitur sedekah sehingga memungkinkan pemain menyedekahkan chip mereka untuk teman-teman mereka. Game ini juga memberikan fitur taruhan di hampir setiap permainan yang disediakan. Tentu saja, jika kalian kalah dalam permainan, taruhan yang kalian berikan akan diambil oleh pemenang dan mengurangi jumlah uang yang kalian miliki untuk bertaruh. Namun, tentu saja, permainan Higgs Domino Island ini menyediakan fitur top up. Top up ini berguna untuk melakukan transaksi penambahan uang virtual kalian dengan menggunakan uang asli.

 

Terkadang, pemain dalam game ini saat kehabisan chip mereka lebih memilih membeli chip dari pemain lain dengan memanfaatkan fitur sedekah. Hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan dari fitur top up dalam game memiliki harga yang lebih mahal. Contoh, untuk chip senilai 1B dihargai 90k, sedangkan membelinya dari pemain lain cukup dengan harga 65 ribu. Mereka bisa bertransaksi lewat online atau COD jika merasa penjual kurang dapat dipercaya. Setelah pembayaran dilunasi, maka penjual akan segera mengirimkan chip mereka kepada pemain melalui fitur sedekah.

 

Lalu bagaimana hukum bermain game online tersebut di atas dalam perspektif fikih? Berikut ini ulasannya.

 

Konsep Permaian dalam Fikih

 

Dalam perspektif fiqh bermain game online secara umum diperbolehkan dengan syarat memenuhi poin-poin berikut:

 

1.     Tidak ada unsur hinaan yang merendahkan muruah (harga diri) pemain

2.     Tidak menyebabkan dhoror (bahaya) pada makhluk hidup (hewan ataupun manusia)

3.     Tidak membuat lalai dari kewajiban agama, seperti sholat.

4.     Tidak membuat pemainnya bersumpah dusta.

5.     Tidak ada unsur yang diharamkan oleh syariat lainnya, seperti Qimar (judi).

 

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Kitab al-Mausu’ah al-Fiqhiyah:

الموسوعة الفقهية الكويتية – (35 / 268)

وَإِبَاحَةُ اللَّعِبِ إِنَّمَا يَكُونُ بِشَرْطِ أَنْ لاَ يَكُونَ فِيهِ دَنَاءَةٌ يَتَرَفَّعُ عَنْهَا ذَوُو الْمَرُوءَاتِ ، وَبِشَرْطِ أَنْ لاَ يَتَضَمَّنَ ضَرَرًا فَإِنْ تَضَمَّنَ ضَرَرًا لإِِنْسَانٍ أَوْ حَيَوَانٍ كَالتَّحْرِيشِ بَيْنَ الدُّيُوكِ وَالْكِلاَبِ وَنِطَاحِ الْكِبَاشِ وَالتَّفَرُّجِ عَلَى هَذِهِ الأَْشْيَاءِ فَهَذَا حَرَامٌ ، وَبِشَرْطِ أَنْ لاَ يَشْغَل عَنْ صَلاَةٍ أَوْ فَرْضٍ آخَرَ أَوْ عَنْ مُهِمَّاتٍ وَاجِبَةٍ فَإِنْ شَغَلَهُ عَنْ هَذِهِ الأُْمُورِ وَأَمْثَالِهَا حَرُمَ ، وَبِشَرْطِ أَنْ لاَ يُخْرِجَهُ إِلَى الْحَلِفِ الْكَاذِبِ وَنَحْوِهِ مِنَ الْمُحَرَّمَاتِ (1)

“Kebolehan permainan itu harus memenuhi syarat: (1) tidak ada kehinaan yang tidak (mungkin) dilakukan oleh orang-orang yang memiliki muruah, (20 tidak mengandung bahaya. Jika mengandung bahaya kepada manusia atau hewan, seperti megadu ayam, anjing, dan kambing gibas, serta menonton semua ini, maka harama. (3) dan dengan syarat tidak melalaikan dari salat, kewajiban, atau Sesutu kewajiban penting lainnya. Jika dapat melalaikan dari semua kewajiban ini, maka haram. (4) tidak membauta pemain bersumpah bohong. (5) tidak membuat pemain melakukan perkara-perkara haram.”

فتح المعين – (4 / 285)

 واللعب بالشطرنج بكسر أوله وفتحه معجما ومهملا مكروه إن لم يكن فيه شرط مال من الجانبين أو أحدهما أو تفويت صلاة ولو بنسيان بالاشتغال به أو لعب مع معتقد تحريمه وإلا فحرام

“Bermain catur hukumnya makruh, jika tidak ada syarat menyerahkan harta dari kedua belah pihak atau salah satunya, atau tidak membuat lalai dari salat walaupun dikarenakan lupa disebabkan sibuk dengan permaian tersebut, atau tidak ada keyakinan bahwa permainan tersebut. Jika tidak (memenuhi syarat ini), maka haram.”

Konsep Judi

Sebagaimana disebutkan di atas, diantara syarat sebuah permainan boleh dilakukan adalah tidak ada unsur perjudian. Jika ada unsur perjudiannya, maka permainan tersebut menjadi haram. Lalu apa yang dimaksud judi dalam hukum fikih?

Judi dalam konsep fikih adalah masing-masing pemain mengeluarkan taruhan dan setiap dari mereka bisa menang lalu mengambil taruhan temannya atau kalah lalu taruhannya sendiri diambil oleh temannya.

اسعاد الرفيق

(كل مافيه قمار) وصورته المجمع عليه ان يخرج العوض من الجانبين مع تكافئهما, ووجه حرمته ان كل وحد متردد بين ان يغلب صاحبه فيغنم أويغلبه صاحبه فيغرم

(Haram setiap sesuatu yang ada unsur perjudian) Adapun gambaran judi yang disepakati oleh para ulama adalah masing-masing pihak mengeluarkan biaya secara sepadan. Dan segi keharamannya adalah masing-masing pihak berada dalam situasi yang tidak jelas antara menjadi pemenang, maka dia untung. Atau kalah, maka dia rugi.

(روائع البيان، جـ ١، صـ ٢٧٩)*

اتفق العلماء على تحريم ضروب القمار وأنها من الميسر المحرم لقوله تعالى “قل فيهما اثم كبير.فلكل لعب يكون فيه ربح لفريق وخسارة لأخر هو من الميسر المحرم سواء كان اللعب بالنرد أو الشطرنج او غيرهما.

“Pra ulama sepakat atas keharaman macam-macam perjudian. Perjudian termasuk maysir yang diharamkan oleh Allah dalam firman-Nya, “ Katakanlah (Muhammad SAW) ! , didalamnya terdapat dosa yang besar”. Maka setiap permainan yang mengandung keuntungan bagi satu pihak, tapi merugikan bagi pihak yang lain, hal itu termasuk judi yang diharamkan baik berupa permainan dadu ataupun catur atau selainnya.

Dari penjelasan ini bisa kita fahami, bahwa bermain game online High Domino Island tidak diperbolehkan, karena mengandung unusr judi. Kita tahu, bahwa di dalam permainan game ini pemain bisa mendapatkan untung yang berupa bertambahnya jumlah chip jika menang. Tapi juga bisa mendapatkan rugi ketika salah. Karena chip yang dipertaruhkan bisa diambil oleh pihak yang menang.

Konsep Harta

Pertanyaan selanjutnya, bukankah yang dipertaruhkan adalah chip digital yang tidak ada wujud barangnya?

Memang, dalam game High Domino Island tidak menggunakan uang asli dalam taruhannya, tapi chip yg digunakan dalam permainan tersebut bisa diuangkan. Artinya, walaupun chip itu tidak berwujud barang, tapi memiliki nilai dan berharga. Dengan demikian, chip yang digunakan dalam game High Domino Island termasuk Mal (harta) yang tidak boleh dijadikan taruha judi.

Sebagaimana dalam literatur fiqh, Mal (harta) tidaklah melulu berupa barang atau uang kertas. Harta dalam konsep fikih adalah segala sesuatu yang bernilai yang  bisa diperjual-belikan serta seseorang wajib wajib mengganti rugi ketika merusaknya. Tentu, Mal ini mencakup ain (barang) atau manfaat. Sebagaiaman pendapat Syaikh Musthafa Zarqa bahwa Mal (harta) itu terbagi menjadi dua. Pertama Madiyah (bersifat fisik/kelihatan). Kedua, maknawiyah, yaitu segala sesuatu yang punya peran penting dalam kesejahteraan manusia namun tidak tampak fisiknya/virtual.

المدخل في الفقه العام للشيخ مصطفى الزرقاء

في الفقه الأجنبي يقسمون الأموال إلى أموال مادية وأموال معنوية ويريدون بالمعنوية ما كان له اعتبار في ثروة الإنسان ولكنه ليس أعيانا مادية في الوجود الخارجية فتدخل في ذلك الحقوق الشخصية والعينية والمنافع الملكية الأدبية للمؤلفين في انحصار حق طبع مؤلفتهم …..

“Dalam Fiqh al-Ajnabi, mereka mengkategorikan harta pada Madiyah (bersifat fisik) dan Maknawiyah. Yang dimaksud harta maknawiyah adalah harta yang memiliki peran dalam kesejahteraan seseorang, tapi tidak berupa fisik yang terlihat oleh mata. Termasuk dalam harta maknawiyah adalah hak-hak individu, hak yang bersifat barang, hak cipta bagi orang yang berkarya, dan seterusnya.”

Alakullihal, bermain High Domino Island tidak diperbolehkan karena ada unsur perjudian. Orang yang bermain High Domino Island bisa untung dan bisa rugi. Jika menang maka beruntung, jika kalah maka rugi.

*Diambil dari hasil Bahtsul Masa’il LBM PCNU Kota Surabaya (Ketua: Ust Muhammad Farobi Aksam, Sekretaris: Gus Jabrail)

Saifuddin Syadiri

Kader HMASS (Harakah Mahasiswa Alumni Santri Sidogiri) Surabaya dan aktif di FLP (Forum Lingkar Pena) Surabaya.

Kontributor

al-ibar.net dikelola oleh para penulis dan kreator yang butuh dukungan dari sahabat-sahabat. Yuk bantu al-ibar.net agar istikamah melahirkan karya yang mengedukasi dan berkualitas. Atas partisipasinya, kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya.

Transfer donasi ke:

Bank Jatim
No Rek: 1282095285
A.n Yayasan Harakah Annajah Surabaya

Konfirmasi ke alibardotnet@gmail.com