Kajian

Dahsyatnya Keutamaan Bulan Ramadan

...

al-Ibar.net – Ramadan adalah bulan harapan bahwa yang tak sempat berbenah diri, kini Allah masih memberi kesempatan di bulan yang penuh keberkahan. Tahun lalu mungkin banyak air mata berlimpahan, senyuman yang mulai tertukar dengan kemurungan. Kini yakinlah akan kemenangan yang telah datang bersama kebahagiaan, baik dari orang-orang sekitar maupun yang jauh di sana. 

 

Ramadan juga memiliki beberapa keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya dan Allah hanya menyediakan berbagai keutamaan ini kepada orang-orang yang memperbanyak ibadah di bulan Ramadan. Bulan Ramadan menjadi bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin, berikut beberapa keutamaan bulan Ramadan: 

 

Bulan yang Penuh Keberkahan

Keberkahan atau barakah adalah ziyadatul khair; yakni bertambahnya kebaikan. Di bulan Ramadan banyak sekali kebaikan yang terus meningkat. Buktinya yakni saat terjadinya peningkatan ibadah kemudian semakin banyaknya tilawah dan sedekah, maka amalan tersebut  merupakan keberkahan bulan Ramadan yang sangat besar. Termasuk saat meningkatnya omset para pedagang dan pengusaha, juga merupakan banyaknya kebaikan yang meningkat. Seperti sabda Rasulullah dalam hadis berikut: 

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ 

 “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah.” (H.R. Ahmad)

 

Diwajibkannya Berpuasa

Pada bulan ini kita tahu bahwa semua umat Islam diwajibkan berpuasa sehingga Ramadan juga dikenal sebagai syahrush shiyam. Allah berfirman dalam Al-Qur’an: 


شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang haq dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara kalian hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa.” (Q.S. Al Baqarah: 185).

Diwajibkannya berpuasa di bulan Ramadan itu dianggap sangat sepesial karena di bulan-bulan yang lainnya berpuasa tidak diwajibkan.

 

Merupakan Bulan Nuzulul Quran

Tepat pada 17 Ramadan untuk kali pertama Al-Qur’an diturunkan di muka bumi sebagai wahyu dari Allah Swt. kepada nabi muhammad melalui Jibril dan ketika itu Nabi Muhammad saw. berusia 40 tahun. 

 

Dikabulkannya Doa

Bukan berarti di hari-hari lainnya, doa-doa yang telah terpanjat bisa jadi tertunda, ini tidak sedangkal apa yang kita pikirkan. Ada keberkahan dalam bulan Ramadan, sehingga berjemaahnya orang-orang yang berdoa dapat mempercepat doa-doa yang terpanjat. 

Ada tiga waktu doa kita diijabah oleh Allah Swt. pada bulan suci Ramadan.

  1. Pada waktu sahur.

Waktu sahur adalah waktu sepertiga malam, jadi doa-doanya mudah diijabah oleh Allah Swt. Dan waktu tersebut merupakan waktu seorang hamba bermunajat dengan Allah. Sebagaimana hadis yang tertera di bawah ini:

 

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, ‘Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.’” (H.R. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758).

 

  1. Pada saat puasa

Saat berpuasa doa jadi mudah diijabah, karena dari pagi hingga sore merupakan amalan ibadah, bahkan dari Subuh hingga malam. Ada juga hadis dari Nabi Muammad saw:

 

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.” (H.R. Ahmad 2: 305)

 

  1. Saat berbuka puasa

Dan yang ketiga adalah pada saat berbuka puasa, sebagaimana sudah dikuatkan oleh hadis Rasulullah di bawah ini:

وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ

“Dan termasuk doa yang tidak ditolak adalah orang yang berpuasa ketika dia berbuka.” (H.R. Tirmidzi no. 2526). 

 

Inilah keutamaan di bulan Ramadan, semoga kita bisa mendapat keberkahan di bulan suci ini sehingga keberkahan selalu menyertai bagi kita.

Qurrotul Ayun

Pengajar dan Aktivis Dakwah.

Kontributor

al-ibar.net dikelola oleh para penulis dan kreator yang butuh dukungan dari sahabat-sahabat. Yuk bantu al-ibar.net agar istikamah melahirkan karya yang mengedukasi dan berkualitas. Atas partisipasinya, kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya.

Transfer donasi ke:

Bank Jatim
No Rek: 1282095285
A.n Yayasan Harakah Annajah Surabaya

Konfirmasi ke alibardotnet@gmail.com