Kajian

Faedah Surah Quraisy Menurut Sayyid Muhammad Ali Khirrid al-Husaini

...

al-Ibar.net – Salah satu suku Arab yang sangat terkenal sejak zaman dahulu adalah Suku Quraisy. Suku ini dikenal sebagai kabilah yang sangat jujur, sopan, dan memiliki budi pekerti yang luhur melebihi suku-suku Arab lain pada umumnya. Mereka hidup rukun dengan penuh damai, serta masih berpegang teguh pada ajaran nenek moyangnya, Nabi Ibrahim.

 

Selain itu, kemuliaan dan keagungan suku ini juga tidak lepas dari keberkahan dan kemuliaan Nabi Muhammad yang dilahirkan di tengah-tengah masyarakat Quraisy. Oleh karenanya, Allah mengabadikan nama suku yang satu ini dalam Al-Qur’an, menjadi satu surat secara khusus, yang dikenal dengan “Surah Quraisy”.

 

Di dalam surat tersebut Allah menjelaskan kebiasaan orang Quraisy yang mayoritas sering melakukan bepergian untuk berniaga, baik di musim dingin maupun panas. Kebiasaan itu diabadikan oleh Allah tidak lain karena sistem perniagaan dan transaksi masyarakat Quraisy sangatlah jujur.

 

Surat Quraisy, Arti & Transliterasinya

Surat Quraisy merupakan salah satu surah yang diturunkan oleh Allah sebelum hijrahnya Nabi Muhammad ke Madinah, oleh karenanya surah ini dikenal dengan sebutan surah makkiyah (bangsa Makkah), yaitu surat-surat Al-Qur’an yang Allah turunkan sebelum hijrahnya nabi.

 

Allah Swt. berfirman dalam Surah Quraisy,

 

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ (1) إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ (2) فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ (3) الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ (4)

 

Artinya, “Karena kebiasaan orang-orang Quraisy (1); yaitu kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas (2); Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Ka’bah), (3); yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa ketakutan (4).”

 

Ayat di atas, selain memiliki spirit untuk meningkatkan ibadah kepada Allah, sebagaimana yang tertulis pada ayat ketiga, juga memiliki faedah dan kandungan luar biasa yang tidak dimiliki ayat-ayat dalam surah lain pada umumnya.

 

Faedah Surah Quraisy

Di antara faedah itu adalah bisa menghilangkan was-was, bingung, rasa takut, dan lainnya, sebagaimana yang disampaikan oleh Sayyid Muhammad bin Ali Khirrid al-Alawi al-Husaini at-Tarimi,

مَنْ قَرَأَهَا زَالَ هَمُّهُ وَحُزْنُهُ وَوَسْوَسَتُهُ وَكَفَى شَرُّ الْأَشْرَارِ وَكَيْدِهِمْ

Artinya, “Barang siapa membacanya (surah Quraisy), maka akan hilang kesusahannya, kesedihannya, was-wasnya, dan cukuplah kejahatan orang yang berbuat jahat sekaligus tipu daya mereka.”

 

Tidak sebatas faedah lahir saja, surah Quraisy juga bisa menjaga kesehatan jasmani dan rohan,i serta terhindar dari bahaya-bahaya yang terdapat dalam makanan bagi orang-orang yang membacanya,

 

وَ مَنْ قَرَأَهَا عَلَى مَطْعُوْمٍ أَذْهَبَ اللهُ مُضَرَّتَهُ وَأَمِنَ مِنَ الْخَوْفِ وَالْفَقْرِ

 

Artinya, “Dan barang siapa membacanya pada makanan, maka Allah hilangkan kebahayaan di dalamnya, (Allah juga) menyelamatkan dari rasa takut dan (menyelamatkan) dari fakir.” (Sayyid Ali Khirrid, al-Wasailu asy-Syafi’ah fil Azkarin Nafi’ah wal Auradil Jami’ah wats Tsimarul Yani’ah, [cetakan pertama: 1405 H], halaman 323).

 

Cara Pengamalannya

Pertama, membaca surah Quraisy satu kali,

 

Kedua, memohon perlindungan kepada Allah dengan doa berikut:

 

اللهم يَا مَنْ أَمَّنَ الْمَخَاوِفَ وَسَدَّ طُرُقَهَا عَنْ كُلِّ خَائِفٍ، أَمِّنِّي مِنَ الْمَهَالِكِ فَي الْمَدَارِجِ، وَالْمَسْلَكِ، يَا مَأْمَنَ الْخَائِفِيْنَ، وَيَا وَاصِلَ الْمُنْقَطِعِيْنَ (وَاللَّهُ مِنْ وَرَائِهِمْ مُحِيطٌ، بَلْ هُوَ قُرْآنٌ مَجِيدٌ، فِي لَوْحٍ مَحْفُوظ)

 

Allahumma ya man ammanal makhawifa wa sadda thuruqaha ‘an kulli khaifin, amminni minal mahaliki, fil madariji, wal maslaki, ya ma’manal khaifin, way a wasilal munqhati’in “wallahu min wara’ihim muhith, bal huwa qur’anun majid, fi lauhin mahfudz”.

 

Artinya, “Ya Allah, wahai Dzat pemberi aman segala ketakutan, dan penutup semua peluangnya (rasa takut) dari semua orang yang takut, selamatkanlah aku dari semua kebinasaan dalam rumah dan perjalanan. Wahai Dzat Pemberi keselamatan orang-orang yang takut, dan penyambung semua yang putus, “Padahal Allah mengepung dari belakang mereka (sehingga tidak dapat lolos). Bahkan (yang didustakan itu) ialah Al-Qur’an yang mulia, yang (tersimpan) dalam (tempat) yang terjaga (Lauh Mahfuzh). (Sayyid Ali Khirrid, al-Wasailu asy-Syafi’ah, hal. 323).

 

Demikian faedah surah Quraisy menurut Sayyid Muhammad Ali Khirrid. Dengan mengetahuinya, semoga kita bisa membaca dan mengamalkan secara istikamah, serta terhindar dari segala macam bahaya, Aamiin.

Sunnatullah

“Penikmat Kitab Salaf. Pegiat Literasi dari bilik Pesantren.”

Kontributor

al-ibar.net dikelola oleh para penulis dan kreator yang butuh dukungan dari sahabat-sahabat. Yuk bantu al-ibar.net agar istikamah melahirkan karya yang mengedukasi dan berkualitas. Atas partisipasinya, kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya.

Transfer donasi ke:

Bank Jatim
No Rek: 1282095285
A.n Yayasan Harakah Annajah Surabaya

Konfirmasi ke alibardotnet@gmail.com